Bottom Article Ad

Halal Bihalal Siswa dan Guru

Halal Bihalal Guru dan Siswa dalam rangka suasana lebaran idul fitri 1446H .

Halal Bihalal Guru dan PTK

Halal Bihalal Guru dan Siswa dalam rangka suasana lebaran idul fitri 1446H .

Selamat dan Sukses Lulus SNBP 2025

selamat dan sukses SNBP 2025

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Senin, 22 Januari 2024

AKSI NYATA

 






Aksi Nyata Menyebarkan pemahaman "Mengapa kurikulum perlu berubah?"

"Mengapa kurikulum perlu berubah?"

Dalam dunia pendidikan adanya kurikulum sangatlah penting. Arah dan tujuan pendidikan diatur di dalam kurikulum sehingga dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran guru akan berpatokan pada kurikulum yang dipakai di satuan pendidikannya.

Apa itu Kurikulum?

Kurikulum merupakan panduan pembelajaran pada satuan pendidikan dimana dapat dimaknai sebagai titik awal sampai titik akhir dari pengalaman belajar peserta didik. Kurikulum itu kompleks dan multi dimensi, kurikulum itu dapat diibaratkan sebagai jantung pendidikan.

Peran dan fungsi Kurikulum

Peran Kurikulum sebagai pedoman dan acuan dalam pembelajaran. Fungsi Kurikulum bagi pendidikan adalah untuk memandu dalam proses belajar peserta didik.

Komponen Kurikulum menurut Ralph Tyler :

  • Tujuan
  • Konten
  • Metode/cara
  • Evaluasi

Apa pentingnya perubahan Kurikulum?

Kurikulum yang baik adalah Kurikulum yang sesuai dengan zamannya, dan terus dikembangakan atau diadaptasi sesuai dengan konteks dan karaktersistik peserta didik demi membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka kini dan masa depan.

Kurikulum harus selalu berubah agar sesuai dengan perkembangan zaman, apalagi masa sekarang ini Ilmu Pengetahuan dan teknologi informasi telah berkembang dan pembelajaran akan membosankan tanpa adanya perubahan bukankah tugas kita untuk menyiapkan para peserta didik kita menghadapi zaman yang baru, zaman yang sama sekali berbeda dengan zaman kita dulu.

Contoh : zaman saya sekolah dulu masih menggunakan mesin tik dan dengan perlahan sudah diperkenalkan dengan computer yang masih sebatas menyalakan dan mematikan dan mengetik saja dan semua masih tersimpan dalam floppy disk. Dan coba kita amati anak pada zaman sekarang mereka lahir dengan teknologi ditangannya, batita saja sudah pandai memainkan handponnya. Dan saat kita menjadi murid mungkin cita-cita kita hanya ingin menjadi dokter, polisi, guru dan lain-lain

Tapi kita lihat pilihan cita-cita peserta didik kita lebih beragam dan mungkin sesuatu yang tidak pernah kita bayangkan, mereka ingin menjadi illustrator, animasi karakter kartun, arsitek, menemukan aplikasi game, youtuber dan lain-lain.

Itulah mengapa Kurikulum perlu adanya perubahan agar kita dapat menyiapkan generasi yang akan datang dan mampu memandang kedepan.

Seperti ungkapan Ki Hajar Dewantara

“Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun sebagai anggota masyarakat.

Jadi, dapatkah Kurikulum berubah?

Kurikulum oprasional satuan pendidikan harus bersifat dinamis artinya dapat diubah sesuai perubahan dan perkembangan budaya dan zaman, selain mengikuti zaman yang sudah diadaptasi sesuai lingkungan geografis.

Kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembengkan atau diadaptasi sesuai konteks dan kebutuhan peserta didik untuk membangun kompetensi sesuai masa kini dan masa yang akan datang.

Bagaimana untuk mewujudkannhya?

Seluruh komponen masyarakat yaitu peran orang tua, masyarakat dan sekolah harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar serta kepentingan peserta didik sebagai pengembangan Kurikulum karena Kurikulum dirancang untuk kebutuhan peserta didik


Sumber :

https://www.smpn10tt.sch.id/read/34/aksi-nyata-menyebarkan-pemahaman-mengapa-kurikulum-perlu-berubah

Selasa, 16 Januari 2024

DIGITAL LIBRARY

 

PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 10 BANJARMASIN

 

 

PENDAHULUAN

1.   Latar Belakang

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan sekolah usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993).

Mengingat pentignya perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Perpustakaan SMA Negeri 10 Banjarmasin berupaya melakukan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Berbagai program kerjapun direncanakan, diharapakan dapat memberi ruang yang lebih besar agar visi misi pepustakaan sekolah dapat terealisasi secara optimal.

2.     Profil Perpustakaan SMA Negeri 10 Banjarmasin

a.   Sejarah Singkat Perpustakaan SMA Negeri 10

SMA Negeri 10 merupakan salah satu sekolah menengah atas yang terletak di jalan tembu mantuil gang gandapura. Perpustakaan sekolah ini milik pemerintah daerah yang berdiri sejak tahun 6 pebruari 1993. Dikarenakan koleksi dan siswa yang semakin tahun bertambah, ruang perpustakaan Ruang Perpustakaan kemudian dibangun secara terpisah dan memiliki bangunan sendiri pada tahun 2018 sampai sekarang.

b.   Visi Misi Perpustakaan SMA Negeri 10

Visi

Mewujudkan perpustakaan sekolah sebagai salah satu pusat sumber belajar yang memiliki keunggulan dan akademik, teknologi, seta keterampilan.

Misi

  • Menumbuhkembangkan niat serta minat baca warga sekolah
  • Meningkatkan frekuensi kunjungan ke perpustakaan sekolah melalui berbagai hal.
  • Melakukan upaya penambahan koleksi perpustakaan guna memenuhi kebutuhan warga sekolah  
  • Merintis penyelenggaraan perpustakaan digital untuk sekolah.

c.     Struktur Organanisasi Perpustakaan SMA Negeri 10


d.     Jam Buka/Pelayanan Perpustakaan SMA Negeri 10

Senin                 : Pukul 07.30 WITA - 16.30 WITA

Selasa-Kamis    : Pukul 07.30 WITA - 16.00 WITA

Jum'at                : Pukul 07.30 WITA – 11.30 WITA

 

e.     Peraturan Perpustakaan SMA Negeri 1

1)    Wajib mengisi daftar hadir dengan mengisi buku pengunjung yang disediakan.

2)    Pengunjung tidak diperkenankan makan dan minum, tidur, serta membunyikan handphone/HP di perpustakaan.

3)    Turut menjaga kebersihan dan keberadaan fasilitas serta semua koleksi perpustakaan.

4)    Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan.

5)    Bersikap sopan dan saling menghargai kepada petugas perpustakaan dan sesama pengunjung perpustakaan.

6)    Jangka waktu peminjamn buku koleksi umum 3 hari sedangkan buku pelajaran selama persemester.

7)    Mengembalikan buku yang dipinjam tepat pada waktu yang telah ditentukan dan dikenakan denda sebesar Rp.500/hari jika terjadi keterlambatan pengembalian.

f.      Jenis Layanan Perpustakaan SMA Negeri 10

1)   Pelayanan Teknis

Pelayanan ini meliputi pengadaan koleksi, pengolahan koleksi dan pemeliharaan koleksi. pengadaan buku yang bersumber dari sumbangan/hibah//hadiah dan pembelian dari anggaran BOS. Pengolahan koleksi yaitu kegiatan mengolah koleksi dari pemberian stempel, klasifikasi, inventarisasi, call number, katalogisasi, penyampula dan penempatan koleksi pada rak atau selving. Sedangkan pemeliharaan koleksi adalah kegiatan memperbaiki koleksi yang rusak ringan dengan cara menjilid kembali atau memberi lem.

2)    Pelayanan Pemustaka

a)   Pelayanan Sirkulasi adalah kegiatan peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan koleksi.

b)  Pelayanan Referensi yaitu layanan pustakawan membantu pemustaka dalam mencari informasi khusus saja melalui koleksi referensi atau rujukan yang diperlukannya.

g. Jenis koleksi perpustakaan:

        1)    Koleksi Umum

        Koleksi yang boleh dipinjam atau dibawa pulang. koleksi umum seperti Sastra, Novel,  
        Pendidikan Agama, Ilmu Komputer, Filsafat, Kebudayaan & kesenian, dll.

        Klik disini link ini untuk melihat Koleksi Umum https://bit.ly/41WO4Ul

        2)    Koleksi Referensi

              Koleksi yang tidak untuk dipinjamkan, hanya bisa dibaca ditempat. Jenis koleksi referensi
        antara lain kamus, ensiklopedia, alquran & Hadis, majalah, suratkabar, direktori.

          h. Aktivitas Kegiatan Perpustakaan SMA Negeri 10



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tim Penyusun:

Staf Perpustakaan SMA Negeri 10 Banjarmasin

- Mardiana, A.Md

- M. Wisnu Maulana Dear Sanjaya P. Samudra, S.M., S.Pd