Bottom Article Ad

Halal Bihalal Siswa dan Guru

Halal Bihalal Guru dan Siswa dalam rangka suasana lebaran idul fitri 1446H .

Halal Bihalal Guru dan PTK

Halal Bihalal Guru dan Siswa dalam rangka suasana lebaran idul fitri 1446H .

Selamat dan Sukses Lulus SNBP 2025

selamat dan sukses SNBP 2025

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 14 Maret 2024

SMAN 10 Banjarmasin Gelar Salat Hajat, Salat Duha, dan Khataman Alquran bagi Siswa Kelas XII TP 2023/2024

 

 S

SMAN 10 Banjarmasin Gelar Salat Hajat, Salat Duha, dan Khataman Alquran bagi Siswa Kelas XII TP 2023/2024 

 






Di Musala Darul Hijrah SMA Negeri 10 Banjarmasin, suasana penuh khidmat menyelimuti seluruh anak-anak kelas XII beserta dewan guru dan staf untuk mengikuti kegiatan salat hajat serta salat duha yang diselenggarakan oleh sekolah sebagai persiapan menghadapi Ujian Sekolah pada tahun 2024 ini.  Hari itu, Jumat, tanggal 8 Maret 2024, menjadi saksi bisu doa dan harapan yang dipanjatkan bersama. Seluruh siswa, berpakaian warna  putih memadati ruangan musala, memohon kelancaran, dan kesuksesan dalam menghadapi ujian yang akan datang. Keseriusan dan ketenangan tergambar jelas di wajah mereka, mencerminkan keinginan kuat untuk meraih hasil terbaik.

Setelah salat hajat dan salat duha, kegiatan dilanjutkan dengan Khataman Alquran yang diadakan di lapangan SMA Negeri 10 Banjarmasin. Di bawah langit yang cerah, lapangan sekolah dihiasi dengan berbagai dekorasi, menciptakan suasana yang khidmat dan menyentuh hati. Para guru, mengenakan pakaian hitam untuk perempuan dan putih untuk laki-laki, berbaris rapi, menunjukkan dukungan dan doa mereka untuk kesuksesan siswa-siswinya. Saat Khataman Alquran dimulai, suara merdu mengalun, mengisi setiap sudut lapangan, seolah menjadi pengingat akan kebesaran Allah Swt. dan pentingnya mencari berkah dalam setiap langkah.





Di sisi lain lapangan, terdapat meja panjang yang dihiasi dengan aneka kue dan hiasan. Setelah Khataman Alquran selesai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah, di mana seluruh siswa dan guru berkumpul, berbagi kebahagiaan dan harapan. Kue-kue yang tersedia tidak hanya menjadi simbol rasa syukur, tetapi juga kebersamaan dan kehangatan hubungan antara siswa dan guru. Tawa dan cerita bercampur menjadi satu, menambah keindahan momen tersebut.

Kegiatan ini tidak hanya tentang persiapan menghadapi ujian, tetapi juga tentang mempererat silaturahmi dan membangun karakter siswa. Melalui salat hajat, salat duha, dan Khataman Alquran, diharapkan siswa tidak hanya berhasil dalam ujian, tapi juga dalam menjalani kehidupan. Pengalaman spiritual yang diperoleh menjadi bekal mereka menghadapi tantangan dengan sabar, tekun, dan selalu mengandalkan kekuatan doa.

       Sebagai penutup, acara ini meninggalkan kesan mendalam bagi semua yang hadir. Bukan hanya karena kegiatan keagamaannya, tapi juga karena kebersamaan yang terjalin antara guru dan siswa. Pada akhirnya, kegiatan ini menjadi simbol dari komitmen bersama untuk mencapai tujuan, dengan bekal ilmu dan doa. Semangat dan harapan yang dibawa pulang, menjadi pendorong bagi setiap siswa untuk meraih mimpi dan kesuksesan di masa depan.d









Hubungi Kami

 


Jumat, 08 Maret 2024

Workshop Penyusunan PAK Bagi Guru SMA Negeri 10 Banjarmasin

 






Selasa, 05 Maret 2024 SMA Negeri 10 Banjarmasin mengadakan Workshop Penyusunan Angka Kredit (PAK) untuk Jabatan Fungsional Guru dan PAK Reguler untuk Kenaikan Pangkat Berbasis Online Melalui Aplikasi SIMPAK Tahun 2024 yang dibimbing oleh Bapak H. Eddy Khairuddin, M.E dan diikuti Kepala Sekolah serta Guru Pengajar SMA Negeri 10 Banjarmasin dimana diacara tersebut Bapak Eddy menjelaskan dan mengajari para guru dalam menyusun PAK.

Sebagai Pengawas Pembina di SMA Negeri 10 Banjarmasin, tugas utama Bapak H. Eddy Khairuddin, M.E adalah membantu guru-guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Salah satu instrumen penting yang digunakan dalam evaluasi kinerja guru adalah angka kredit. Penyusunan angka kredit guru dilakukan secara cermat dan objektif, dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti pengembangan diri, kualitas pengajaran, kontribusi terhadap sekolah, serta hasil evaluasi dari berbagai pihak terkait.

Proses penyusunan angka kredit guru melibatkan berbagai tahap yang sistematis dan transparan. Pengawas Pembina bapak H. Eddy Khairuddin, M.E bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan kepada guru-guru dalam memahami dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Dengan pendekatan yang terstruktur, angka kredit guru dapat menjadi alat yang efektif dalam mengukur dan meningkatkan kinerja para pendidik.

                    

Kegiatan Workshop Penyusunan Angka Kredit (PAK) tersebut sekaligus perpisahan dengan Bapak H. Eddy Khairuddin, M.E selaku Pengawas Pembina lama. Kemajuan dan prestasi yang diperoleh oleh SMA Negeri 10 Banjarmasin tidak terlepas dari motivasi dan bimbingan beliau dalam pelaksanaan tugas, peran dan tanggung jawab beliau sebagai Pengawas Pembina di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Kami ucapkan terima kasih kepada bapak H. Eddy Khairuddin, M.E atas bantuan dan bimbingannya selama menjadi Pengawas Pembina di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Acara tersebut juga dihadiri oleh Pengawas Pembina yang baru yaitu Ibu Hj. Mardiningsih, M.Pd. Beliau juga berkenan memberikan sambutan yang berisi harapan dan keinginan beliau untuk melanjutkan tugas peran, dan tanggung jawab Pengawas Sekolah sebelumnya untuk mendampingi SMA Negeri 10 Banjarmasin dalam melaksanakan segala bentuk aktivitas kependidikan untuk mencapai visi dan misi sekolah secara lebih maksimal.





Secara umum, acara berlangsung dengan lancar sesuai dengan maksud dan tujuan acara. Penyusunan PAK Integrasi dengan bimbingan Bapak Eddy Khairuddin, M.E. disampaikan secara langsung dalam bentuk praktik. Para Guru mengikuti kegiatan dengan baik. Apabila ada permasalahan, narasumber membuka kesempatan secara luas kepada para guru untuk bertanya. Dan, narasumber menanggapi pertanyaan tersebut dengan baik, sehingga mampu membuka pemahaman tentang proses pembuatan PAK. Hasilnya hampir semua guru sudah mampu menyelesaikan PAK dengan baik dan benar.

Senin, 19 Februari 2024

INTRAKURIKULER

 


Metode Pelaksanaan Kegiatan Intrakurikuler

Untuk melaksanakan kegiatan intrakurikuler, terdapat 6 metode pelaksanaan yang perlu tenaga pendidik ketahui, antara lain:

Menggunakan berbagai metode pembelajaran dan pendekatan belajar agar mewujudkan misi Kurikulum Merdeka, yaitu “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”.

Dapat menggunakan berbagai instrumen asesmen yang bermakna saat menilai proses dan capaian peserta didik.

Untuk murid yang sedang melaksanakan PKL atau magang, metode pembelajaran intrakurikuler adalah menggunakan pemetaan kompetensi, penetapan, lokasi, jangka waktu, pemetaan penempatan, pembimbing, dan pembekalan.

Kegiatan intrakurikuler untuk murid yang sedang melaksanakan PKL atau magang, dilaksanakan secara kolaboratif antara satuan pendidikan dan mitra dunia kerja yang melibatkan pendidik atau guru sebagai pembimbing, serta instruktur di tempat PKL.

Dari pemaparan diatas, kegiatan intrakurikuler merupakan aktivitas pembelajaran dari guru ke murid yang diselenggarakan di dalam kelas berdasarkan tingkatannya. Kegiatan intrakurikuler bersifat wajib dilakukan oleh murid dengan mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Senin, 22 Januari 2024

AKSI NYATA

 






Aksi Nyata Menyebarkan pemahaman "Mengapa kurikulum perlu berubah?"

"Mengapa kurikulum perlu berubah?"

Dalam dunia pendidikan adanya kurikulum sangatlah penting. Arah dan tujuan pendidikan diatur di dalam kurikulum sehingga dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran guru akan berpatokan pada kurikulum yang dipakai di satuan pendidikannya.

Apa itu Kurikulum?

Kurikulum merupakan panduan pembelajaran pada satuan pendidikan dimana dapat dimaknai sebagai titik awal sampai titik akhir dari pengalaman belajar peserta didik. Kurikulum itu kompleks dan multi dimensi, kurikulum itu dapat diibaratkan sebagai jantung pendidikan.

Peran dan fungsi Kurikulum

Peran Kurikulum sebagai pedoman dan acuan dalam pembelajaran. Fungsi Kurikulum bagi pendidikan adalah untuk memandu dalam proses belajar peserta didik.

Komponen Kurikulum menurut Ralph Tyler :

  • Tujuan
  • Konten
  • Metode/cara
  • Evaluasi

Apa pentingnya perubahan Kurikulum?

Kurikulum yang baik adalah Kurikulum yang sesuai dengan zamannya, dan terus dikembangakan atau diadaptasi sesuai dengan konteks dan karaktersistik peserta didik demi membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka kini dan masa depan.

Kurikulum harus selalu berubah agar sesuai dengan perkembangan zaman, apalagi masa sekarang ini Ilmu Pengetahuan dan teknologi informasi telah berkembang dan pembelajaran akan membosankan tanpa adanya perubahan bukankah tugas kita untuk menyiapkan para peserta didik kita menghadapi zaman yang baru, zaman yang sama sekali berbeda dengan zaman kita dulu.

Contoh : zaman saya sekolah dulu masih menggunakan mesin tik dan dengan perlahan sudah diperkenalkan dengan computer yang masih sebatas menyalakan dan mematikan dan mengetik saja dan semua masih tersimpan dalam floppy disk. Dan coba kita amati anak pada zaman sekarang mereka lahir dengan teknologi ditangannya, batita saja sudah pandai memainkan handponnya. Dan saat kita menjadi murid mungkin cita-cita kita hanya ingin menjadi dokter, polisi, guru dan lain-lain

Tapi kita lihat pilihan cita-cita peserta didik kita lebih beragam dan mungkin sesuatu yang tidak pernah kita bayangkan, mereka ingin menjadi illustrator, animasi karakter kartun, arsitek, menemukan aplikasi game, youtuber dan lain-lain.

Itulah mengapa Kurikulum perlu adanya perubahan agar kita dapat menyiapkan generasi yang akan datang dan mampu memandang kedepan.

Seperti ungkapan Ki Hajar Dewantara

“Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun sebagai anggota masyarakat.

Jadi, dapatkah Kurikulum berubah?

Kurikulum oprasional satuan pendidikan harus bersifat dinamis artinya dapat diubah sesuai perubahan dan perkembangan budaya dan zaman, selain mengikuti zaman yang sudah diadaptasi sesuai lingkungan geografis.

Kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembengkan atau diadaptasi sesuai konteks dan kebutuhan peserta didik untuk membangun kompetensi sesuai masa kini dan masa yang akan datang.

Bagaimana untuk mewujudkannhya?

Seluruh komponen masyarakat yaitu peran orang tua, masyarakat dan sekolah harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar serta kepentingan peserta didik sebagai pengembangan Kurikulum karena Kurikulum dirancang untuk kebutuhan peserta didik


Sumber :

https://www.smpn10tt.sch.id/read/34/aksi-nyata-menyebarkan-pemahaman-mengapa-kurikulum-perlu-berubah

Selasa, 16 Januari 2024

DIGITAL LIBRARY

 

PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 10 BANJARMASIN

 

 

PENDAHULUAN

1.   Latar Belakang

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan sekolah usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993).

Mengingat pentignya perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Perpustakaan SMA Negeri 10 Banjarmasin berupaya melakukan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Berbagai program kerjapun direncanakan, diharapakan dapat memberi ruang yang lebih besar agar visi misi pepustakaan sekolah dapat terealisasi secara optimal.

2.     Profil Perpustakaan SMA Negeri 10 Banjarmasin

a.   Sejarah Singkat Perpustakaan SMA Negeri 10

SMA Negeri 10 merupakan salah satu sekolah menengah atas yang terletak di jalan tembu mantuil gang gandapura. Perpustakaan sekolah ini milik pemerintah daerah yang berdiri sejak tahun 6 pebruari 1993. Dikarenakan koleksi dan siswa yang semakin tahun bertambah, ruang perpustakaan Ruang Perpustakaan kemudian dibangun secara terpisah dan memiliki bangunan sendiri pada tahun 2018 sampai sekarang.

b.   Visi Misi Perpustakaan SMA Negeri 10

Visi

Mewujudkan perpustakaan sekolah sebagai salah satu pusat sumber belajar yang memiliki keunggulan dan akademik, teknologi, seta keterampilan.

Misi

  • Menumbuhkembangkan niat serta minat baca warga sekolah
  • Meningkatkan frekuensi kunjungan ke perpustakaan sekolah melalui berbagai hal.
  • Melakukan upaya penambahan koleksi perpustakaan guna memenuhi kebutuhan warga sekolah  
  • Merintis penyelenggaraan perpustakaan digital untuk sekolah.

c.     Struktur Organanisasi Perpustakaan SMA Negeri 10


d.     Jam Buka/Pelayanan Perpustakaan SMA Negeri 10

Senin                 : Pukul 07.30 WITA - 16.30 WITA

Selasa-Kamis    : Pukul 07.30 WITA - 16.00 WITA

Jum'at                : Pukul 07.30 WITA – 11.30 WITA

 

e.     Peraturan Perpustakaan SMA Negeri 1

1)    Wajib mengisi daftar hadir dengan mengisi buku pengunjung yang disediakan.

2)    Pengunjung tidak diperkenankan makan dan minum, tidur, serta membunyikan handphone/HP di perpustakaan.

3)    Turut menjaga kebersihan dan keberadaan fasilitas serta semua koleksi perpustakaan.

4)    Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan.

5)    Bersikap sopan dan saling menghargai kepada petugas perpustakaan dan sesama pengunjung perpustakaan.

6)    Jangka waktu peminjamn buku koleksi umum 3 hari sedangkan buku pelajaran selama persemester.

7)    Mengembalikan buku yang dipinjam tepat pada waktu yang telah ditentukan dan dikenakan denda sebesar Rp.500/hari jika terjadi keterlambatan pengembalian.

f.      Jenis Layanan Perpustakaan SMA Negeri 10

1)   Pelayanan Teknis

Pelayanan ini meliputi pengadaan koleksi, pengolahan koleksi dan pemeliharaan koleksi. pengadaan buku yang bersumber dari sumbangan/hibah//hadiah dan pembelian dari anggaran BOS. Pengolahan koleksi yaitu kegiatan mengolah koleksi dari pemberian stempel, klasifikasi, inventarisasi, call number, katalogisasi, penyampula dan penempatan koleksi pada rak atau selving. Sedangkan pemeliharaan koleksi adalah kegiatan memperbaiki koleksi yang rusak ringan dengan cara menjilid kembali atau memberi lem.

2)    Pelayanan Pemustaka

a)   Pelayanan Sirkulasi adalah kegiatan peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan koleksi.

b)  Pelayanan Referensi yaitu layanan pustakawan membantu pemustaka dalam mencari informasi khusus saja melalui koleksi referensi atau rujukan yang diperlukannya.

g. Jenis koleksi perpustakaan:

        1)    Koleksi Umum

        Koleksi yang boleh dipinjam atau dibawa pulang. koleksi umum seperti Sastra, Novel,  
        Pendidikan Agama, Ilmu Komputer, Filsafat, Kebudayaan & kesenian, dll.

        Klik disini link ini untuk melihat Koleksi Umum https://bit.ly/41WO4Ul

        2)    Koleksi Referensi

              Koleksi yang tidak untuk dipinjamkan, hanya bisa dibaca ditempat. Jenis koleksi referensi
        antara lain kamus, ensiklopedia, alquran & Hadis, majalah, suratkabar, direktori.

          h. Aktivitas Kegiatan Perpustakaan SMA Negeri 10



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tim Penyusun:

Staf Perpustakaan SMA Negeri 10 Banjarmasin

- Mardiana, A.Md

- M. Wisnu Maulana Dear Sanjaya P. Samudra, S.M., S.Pd